Minggu, 26 April 2009

pengenalan joomla

Mambo Open Source (MOS) adalah sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System = CMS) yang paling powerfull dan telah digunakan di seluruh dunia untuk keperluan website dari yang paling sederhana sampai aplikasi perusahaan yang paling kompleks sekalipun. Mambo sangat mudah untuk di instal, gampang dikelola dan memiliki kapabilitas yang tinggi sesuai dengan slogannya ‘Power in simplicity’
Penghargaan dunia terhadap mambo seperti ‘Best Free Software Project of the Year’ oleh Linux Format Magazine 2004, ‘Best Linux or Open Source Software’ pada ‘LinuxUser & Developer Award 2004’ di London, Inggris serta Penghargaan ‘Best of Show - Total Industry Solution’ dan predikat ‘ Best Open Source Solution’ pada konferensi Linux Dunia di Boston 2005 membuktikan Mambo sebagai CMS terbaik saat ini.
Joomla! sendiri adalah sebuah nama baru yang diberikan oleh ‘Developer Inti Mambo hingga Agustus 2005’ yang hengkang dari Mambo. Joomla! mulai launching dengan versi 1.0.0 yang merupakan ‘cloning’ atau ‘nama alias’ dari Mambo 4.5.2.33. Mana yg lebih canggih? Berdasarkan fakta seharusnya belum bisa disimpulkan, baru sebatas prediksi dari melihat kemampuan developer yg terlibat. Sedangkan versi 1.1.0 Joomla! sendiri yang direncanakan launching akhir tahun 2005/awal tahun 2006 merupakan hasil karya dari ‘Para developer Mambo versi 4.5.3’. Semua addons (template, modul, komponen, mambots dan paket bahasa) yang di desain untuk Mambo 4.5.2 dijamin tetap jalan di Joomla! 1.1. Joomla! versi 1.0 dapat mengunakan databases Mambo 4.5.2.
Kehebatan Mambo dan Joomla sendiri sudah dibuktikan oleh beberapa website terkemuka kelas dunia. Tercatat, beberapa perusahaan terkemuka di luar negeri sudah mempercayai Mambo/Joomla sebagai mesin pengelola isi dari website resmi mereka. Beberapa di antaranya adalah Porsche Brazil (http://www.porsche.com.br), sebuah perusahan otomotif yang terkenal dengan produksi mobil-mobil High Class nya, Mitsubishi Motor (http://www.mitsubishi-motors.com.ve/news/), PC Praxis (http://www.pcpraxis.de) salah satu Top 5 majalah Komputer terbesar di Jerman dan banyak lagi.
Di Indonesia, hal yang sama juga terjadi. Kepercayaan dan semangat untuk mempergunakan Mambo/Joomla pun terus berkembang pesat seiring dengan semakin besarnya tingkat antusias penggunanya di negeri ini. Banyak sekali website-website yang telah menggunakan Mambo/Joomla, mulai dari website pribadi, komunitas, Online Magazine/News, coorporate sampai kepada E-government dengan semangat ‘Indonesia Goes to Open Source’ nya. Contoh website yang menggunakan Joomla di antaranya OkeZone.Com (http://www.okezone.com) yang merupakan layanan news and information online pesaing detik.com, http://rachdian.com, Departemen Pendidikan Nasional (http://www.depdiknas.go.id).
window.google_render_ad();

Tidak ada komentar:

Posting Komentar